Peristiwa penting yang menjadi latarbelakang terbentuknya pasar mata uang asing yang dimulai dengan barter sampai pada aplikasi robot autopilot saat ini berawal dari berabd-abad yang lalu. Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai sejarah perdagangan valuta asing sampai pada Bretton Woods, berikut adalah kelanjutan dari beberapa peristiwa penting lainnya yang dapat menjadi acuan untuk Anda dalam melakukan trading dari memprediksi tren sampai memilih aplikasi robot autopilot yang tepat.

Bretton Woods Accord didirikan untuk menciptakan lingkungan yang stabil di mana ekonomi global dapat memulihkan diri. Hal ini mencoba menciptakan pasar valuta asing dipatok dan disesuaikan. Nilai tukar yang dipatok yang dapat disesuaikan adalah kebijakan nilai tukar yang mana suatu mata uang ditetapkan pada mata uang lain. Dalam hal ini, negara asing akan ‘memperbaiki’ nilai tukar mereka ke Dolar AS. Dolar AS dipatok menjadi emas, karena AS memegang cadangan emas paling banyak di dunia pada waktu itu. Jadi negara asing akan bertransaksi dalam Dolar AS (hal ini juga merupakan alasan dolar AS menjadi mata uang cadangan dunia).

Perjanjian Bretton Woods akhirnya gagal mematok emas ke dolar AS karena tidak ada cukup emas untuk mendukung jumlah Dolar AS yang beredar, karena jumlah Dolar AS yang beredar meningkat karena meningkatnya pinjaman dan pengeluaran pemerintah. Pada tahun 1971, Presiden Richard M. Nixon, mengakhiri sistem Bretton Woods yang segera menyebabkan mengambang bebasnya Dolar AS terhadap mata uang asing lainnya.

Awal Mula Sistem Free-Floating

Setelah Bretton Woods Accord datang Perjanjian Smithsonian pada bulan Desember 1971, yang serupa tetapi memungkinkan untuk band fluktuasi yang lebih besar untuk mata uang. Amerika Serikat mematok dolar menjadi emas pada $ 38 / ons, sehingga membuat dolar terdepresiasi. Di bawah perjanjian Smithsonian, mata uang utama lainnya dapat berfluktuasi 2,25% terhadap Dolar AS, dan Dolar AS dipatok menjadi emas.

Pada tahun 1972, komunitas Eropa berusaha untuk menjauh dari ketergantungannya pada Dolar AS. Eropa kemudian mendirikan perjanjian bersama yang didirikan oleh Jerman Barat, Prancis, Italia, Belanda, Belgia, dan Luxemburg. Sayangnya perjanjian tersebut membuat kesalahan seperti Bretton Woods Accord dan pada tahun 1973 runtuh. Kegagalan ini mengakibatkan pergantian resmi ke sistem mengambang bebas.

The Plaza Accord

Pada awal 1980-an, dolar sangat terapresiasi terhadap mata uang utama lainnya. Ini sulit bagi eksportir dan neraca berjalan AS kemudian mengalami defisit 3,5% dari PDB. Menanggapi stagflasi yang dimulai pada awal 1980-an, Paul Volcker menaikkan suku bunga yang menyebabkan Dolar AS yang kuat (dan penurunan inflasi) dengan mengorbankan daya saing industri AS di pasar global.

Beban dolar AS menghancurkan negara-negara dunia ketiga di bawah hutang serta menutup pabrik-pabrik Amerika karena mereka tidak dapat bersaing dengan pesaing asing. Pada tahun 1985, G-5, ekonomi paling kuat di dunia – AS, Inggris, Prancis, Jerman Barat, dan Jepang – mengirim perwakilan ke pertemuan yang seharusnya merupakan pertemuan rahasia di Plaza Hotel di New York City. Berita pertemuan itu bocor, memaksa G-5 untuk membuat pernyataan yang mendorong apresiasi mata uang non-dolar. Ini dikenal sebagai “Plaza Accord” dan gema yang menyebabkan penurunan tajam dalam dolar.

Terlepas dari serangkaian sejarah terbentuknya pasar mata uang asing diatas, kita sudah dapat melihat kemana arah  pasar mata uang bergerak, saat ini kita akan dapat melihat hasilnya dengan baik melalui aplikasi robot autopilot dalam trading forex yang dibuat oleh para profesional dengan tujuan mensukseskan trading Anda. Dengan semakin meningkatnya jumlah pemain dalam pasar, maka akan meningkatkan daya saing yang tak pelak akan meruntuhkan siapa saja yang tidak awas dan hati-hati dalam menentukan langkah.

Penggunakan aplikasi robot autopilot merupakan langkah strategis yang dapat diambil oleh para pemain baik yang profesional maupun amatir, dengan mempelajari pergerakan yang dapat dibuka dimana saja dan kapan saja dengan aplikasi robot autopilot melalui smartphone Anda, Anda dapat berkembang menjadi seorang profesional dalam waktu yang lebih singkat dari kebanyakan profesional yang berangkat secara manual.